Cara Mencegah Mata Minus Secara Alami

Tidak ada yang menginginkan mata minus. Tetapi untungnya ada beberapa cara menghindari mata minus secara alami yang bisa anda coba. Mata minus sebenarnya merupakan sebuah kondisi dimana retina pada bagian mata tidak bisa menangkap cahaya dengan fokus. Akibatnya maka maka tidak bisa fokus untuk melihat dengan baik pada objek dengan jarak jauh. Mata minus paling sering ditemukan terjadi pada anak-anak, remaja usia sekolah, orang dewasa yang sudah bekerja dan juga orang tua. Jika kita keluar rumah, banyak orang yang memakai kaca mata minus sebagai langkah perawatan untuk memperbaiki kondisi mata ini. Kacamata minus dipakai untuk memperbaiki lensa mata sehingga mata bisa melihat dengan jelas semua objek dengan jarak jauh.

Mencegah Mata Minus Sejak Dini

Cara menghindari mata minus tidak bisa lewat satu sisi saja. Karena sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi minus. Misalnya saja karena kebiasaan yang kurang baik. Maka dari itu sejak dini hindarilah untuk membaca atau menonton televisi terlalu dekat karena dapat menyebabkan kerusakan lengkungan kornea dan menyebabkan mata minus. Selain itu hindari pula kebiasaan menulis dengan jarak yang dekat yang bisa merusak jarak kemampuan pandangan normal mata. Jangan lupa untuk memberikan mata waktu istirahat setelah berada di depan komputer atau laptop selama berjam-jam. Anda bisa keluar rumah dan melihat berbagai objek dengan jarak yang lebih jauh untuk melatih otot mata tetap normal.

Selain mencegah mata minus dengan memulai kebiasaan yang baik, tentunya anda juga perlu untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan mata. Semuanya tentu sudah tahu bahwa memperoleh asupan vitamin A merupakan cara menghindari mata minus yang baik. Tetapi selain itu juga anda perlu mengonsumsi asupan nutrisi lainnya. Misalnya lewat sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi hijau, selada, daun kale yang mengandung lutein dan zeaxanthin. Zat tersebut dapat mencegah katarak dan pembentukan lapisan pada kornea mata. Selain itu, berbagai jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan seperti brokoli dan kacang polong juga sangat baik.

Gandum juga dapat memberikan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh mata. Konsumsi gandum sangat baik untuk memelihara kesehatan mata karena vitamin E yang kaya serta kandungan zat seng dan niasin di dalamnya. Gandum juga sangat penting untuk mencegah kelebihan gula dalam darah. Kandungan vitamin E juga dapat anda temukan dalam kacang-kacangan. Selain itu kacang-kacangan juga mengandung asam lemak omega 3 yang baik bagi mata. Berbagai jenis kacang-kacangan yang bisa membantu mencegah mata minus antara lain adalah almond, kacang pistachio, mete, dan walnut. Selain vitamin A, jangan lupa juga untuk memperoleh asupan vitamin untuk mencegah mata minus. Berbagai jenis buah yang sangat disarankan adalah seperti jeruk, stroberi, lemon, anggur, jeruk bali dan markisa. Demikianlah beberapa cara menghindari mata minus.

Sumber : www.everydayhealth.com

Posted on: November 8, 2016, by : Sager

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *